Friday 24 November 2017

Kids Zaman Now



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Bagaimana Kabarnya kawan?
Kali ini saya akan bertanya, tau gak sih istilah zaman now?
Apakah anda pernah menggunakannya? kalaupun tidak,mungkin anda pernah mendengar atau membacanya? kalimat ini adalah kalimat yang lagi ngetren zaman sekarang...

Sedikit-sedikit zaman now, ya begitulah sekarang dengan berubahnya zaman semua juga ikut berubah,harga sembako berubah ,listrik berubah  dan Maharpun ikut berupah sampai-sampai para jomblo yang ingin segera menikah gak kelakon-kelakon, jadilah “pemuda baper zaman now” .heheh

Kesempatan kali ini melalui coretan” tinta emas “ saya akan membahas tentang istilah zaman now yang begitu seringnya di gunakan serta dampak dan kiat membentenginya.
Dan juga bagaimana peran orang tua dalam membentengi anak-anaknya agar tidak tergelincir ke jurang Zaman yang semua serba canggih ini .

Penggunaan istilah Zaman now bukanlah sesuatu yang asing,istilah ini sering kita dengar dalam berbagai percakapan sehari-hari,bahkan istilah ini sering kita lihat di dalam berbagai komentar selama berselancar di dunia maya.

Awalnya kita menggunakan istilah Kids zaman now ,Kini Hanya kata Zaman now yang mengikuti kata lain sebagai pengganti Kids, Contohnya Presiden zaman now, Gubernur zaman now, Orang tua zaman now, Sekolah zaman now, Mahasiswa zaman now bahkan ada juga Ustadz zaman now dan lain-lain.

Saya tidak tau entah siapa yang pertama kali dan di mana dimunculkan istilah zaman now ini ,Padahal seharusnya kalimat yang lebih baik yang kita gunakan adalah bahasa indonesia asli tanpa campuran bahasa lain yaitu zaman sekarang.

Dalam ilmu linguistik (ilmu bahasa), bentuk zaman now terdiri atas dua kata, yakni zaman dan now. Secara etimologi, kata zaman berasal dari bahasa Indonesia yang artinya :
 1. jangka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu masa
 2. Sementara now adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang bisa diartikan 'sekarang'. Dengan demikian secara harfiah zaman now dapat diartikan sebagai 'zaman sekarang' atau 'masa kini' atau juga 'saat ini'.

Sebuah kata yang menjadi sebuah istilah bisa terjadi perubahan makna. Perubahan ini bergantung pada konteks penggunaannya.
Istilah zaman now adalah istilah yang ditarik dari "Kids zaman now" sebagaimana yang digambarkan sebelumnya. Penggunaan istilah "kids zaman now" menggambarkan keadaan anak-anak zaman sekarang.

Jika mengaitkan kebiasaan anak-anak zaman sekarang dengan yang sebelumnya, kita akan menemukan hal-hal yang berbeda di situ. Misalnya, gaya hidup yang bergantung pada gadget. Apapun yang dilakukan selalu diabadikan dengan kamera atau bahasa kerennya selfi. Mau makan harus selfi, sedang tidur selfi juga, sedang menangis karena patah hati dicuekin atau ditinggalkan pacar selfi juga, bahkan mau bunuh diri juga selfi juga. Heheheh...siapa yang sering seperti itu, pasti dalam hatinya "Wah, aku banget nih".Kena deh!
 
Tidak sebatas mengabadikan gambar saja, setelah selfi tidak afdol kalau tidak diposting. Makan di KFC diposting, Padahal mungkin baru sekali masuk KFC. Kalau sedang makan singkong bakar mungkin akan berpikir beberapa kali sebelum diposting. Sedang tidur di posting dengan gambar tertutup mata, lalu keterangan gambar "sedang tidur". Lucu bukan?
Siapa yang tidur, siapa yang mencet kamera, Begitulah kira-kira gambaran "kids zaman now". Demikian dipahami bahwa istilah "kids zaman now" adalah suatu kebiasaan remaja masa kini yang berbeda dengan remaja masa lalu. Perbedaan itu cenderung berkonotasi negatif terlalu berlebihan dari yang sewajarnya..

Jadi zaman No tidak sekedar memiliki arti  'masa kini' atau 'zaman sekarang'  semata, tetapi lebih dari itu. Istilah zaman now memiliki arti "berbeda dari lazimnya"  seperti itulah gambaran arti istilah zaman now. 

Di bawah ini adalah potret Kids Zaman Now dan Kids Zaman old :



Coba deh liat bagaimana perbedaan anak kecil Zaman sekarang dan Zaman era 90an.

 


Kalau kita melihat Foto ini bisa tertawa sendiri ,bernostalgia,tapi kalau kita tanya kids zaman now pernahkah mereka merasakan keseruan seperti ni?

 

Ni potret kids Zaman now dan zaman old,dulu ketika kita pulang sekolah langsung cari kelereng dan main bersama dengan asyiknya,tapi sekarang emmmm....

 


Coba apa yang kita saksikan sekarng ini,Murid SD di tolak cintanya mau bunuh diri ,naik tower dan ingin loncat...ada-ada saja ya... 




Coba deh liat jawaban apa ketika kids zaman now mengerjakan soal ?
Apa yag di jawab ?

Dan Coba di lihat deh bagaimana pesan singkat mereka yang sangat lebai...
Manggilnya Abi Umi ...
Main kelereng biar menang agar bisa nabung buat acara nikahan ...yaelah...

Ya seperti inilah potret kids zaman now...
Orang tua harus lebih jeli Bagaimana dan apa yang harus di lakukan untuk membentengi buah hati nya dari jurang yang kapan saja bisa menjerumuskannya ,anak adalah sebagai penerus di masa depan sebagai bekal dunia dan  akhirat.
Karena Buah hati adalah Amanah yang kelak akan di pertanggungjawabkan.
Wallahu alam.

Inysallah untuk coretan selanjutnya akan saya bahas tentang dampak dan kiat membentengi diri kita dan juga anak-anak kita dari perubahan zaman yang sangat cepat ini...

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Penulis : Chairy Syeikh ( Owner Donat Imut Kudus )

No comments:

Post a Comment

Si Buah Hati

Di antara titipan Allah Azza wa Jalla yang menjadi ujian kehidupan bagi seorang Mukmin dan Mukminah adalah anak, “Si buah hati”. Ia hadir...